pressofgang

Pranata Kromatik Dalam Sistem Tangga Nada Alfamart


Sebuah keramah-tamahan dalam suatu interaksi sosial dewasa ini pun menjadi barang yang sangat mahal dan sukar ditemukan pada tiap individu. Mungkin sedikit berlebihan jika menggunakan kata 'sukar', namun memang pada kenyataannya memang berpihak seperti itu. (Mungkin) pelajaran tingkah laku etika seperti itu dapat ditemukan pada sebuah keluarga maupun lingkungan sekolah saja, bagaimana dengan lingkungan lainnya? Mungkin banyak segelintir individu yang masih memegang teguh etika-etika tersebut tanpa memandang usia dan strata, coba kita tengok pada sebuah minimarket Alfamart. Walaupun bidang mereka sebagai penyedia kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat, mereka pun tidak luput menjadikan usahanya sebagai 'Pranata' bagi para konsumennya.

Layaknya sebuah permainan musik, sapaan dari para pegawai-pegawai Alfamart ketika konsumen datang dapat diibaratkan seperti permainan nada-nada kromatik yang berpindah secara halus dengan setengah nada yang menghasilkan bunyi-bunyi klasik yang serentak membuat kita merasa nyaman. Bayangkan saja ketika sosok Santana memindahkan empat nada kromatik dalam ketukan penuh, tentu kita akan merasa sangat nyaman dalam berbelanja. Walaupun tidak menjadi yang pertama dalam melakukan penerapannya, tapi kita wajib beri aplause untuk Alfamart karena sistem pranata yang diterapkannya. Tidak harus sebuah perusahaan besar atau sebuah instansi megah yang wajib berlaku seperti itu, namun sebuah minimarket saja sejak dini sudah membiasakannya. 

Pengaturan rak-rak di dalam toko pun tertata rapi serta pembagian barang-barang yang disesuaikan dengan kategorinya masing-masing cukup memudahkan untuk para pembeli memilah makanan, minuman dan keperluan apa saja yang dibutuhkan. Dengan harga yang sangat terjangkau, Alfamart membuka pintu untuk semua kalangan berbelanja dengan pelayanannya yang sama rata tanpa memandang strata. Ditambah dengan  banyaknya hadiah-hadiah serta promo yang ditawarkan pada tiap peridoenya cukup bagi kita untuk menganggap Alfamart sebagai tangga nada dalam kehidupan kita sehari-hari. Ya, sebuah tangga nada yang bernyanyi memainkan nada-nadanya setiap saat. Melihat dari konteksnya saja, dapat kita bayangkan perpindahan nada-nada kromatik mayor yang selalu menemani kita saat berada di Alfamart. Semua pelayanan yang mereka tawarkan bukan hanya sebuah isapan jempol belaka, mereka cukup totalitas dalam merealisasikannya, sesuai dengan slogan yang mereka punya 'Belanja puas, harga pas'.

Alfamart juga menawarkan undian-undian berhadiah untuk para pengunjungnya seperti 'Point Redemption'  yang dapat di tukarkan dengan perabotan rumah tangga yang di sediakan hingga undian 'Token' yang berhadiah emas hingga Sepeda Motor di tiap masa promonya. Selain itu Alfamart juga tidak lupa memberikan tawaran-tawaran menarik seperti 'Buy 1 Get 2' untuk minuman-minuman kesehatan dan sebagainya dengan harga promo, jadi jika kita membeli satu akan mendapat gratis satu secara cuma-cuma. Belakangan ini, Alfamart-pun semakin melebarkan jangkauannya sebagai penyedia kebutuhan masyarakat sehari-hari dengan menyediakan reservasi pembelian tiket kereta api pada tiap minimarketnya yang bekerja sama langsung dengan PT KAI (Kereta Api Indonesia).  

Alfamart-pun juga menyediakan ATM yang lagi-lagi ditujukkan agar memudahkan para konsumen untuk berbelanja maupun mengambil dana untuk keperluan transaksi lainnya. Selain ATM, mereka-pun menyediakan pulsa dengan kapasitas transfer yang cukup cepat tanpa harus menunggu lama. Kita-pun tidak perlu takut untuk kehilangan pelayanan terbaik dari mereka, cukup sisihkan sedikit waktu untuk membuat kartu member Alfamart dengan sedikit dana dan secara tidak langsung kita juga akan menjadi bagian dari mereka juga sekaligus akan mendapatkan berbagai kejutan-kejutan yang siap menanti. Ada beberapa kartu member yang mereka tawarkan, diantaranya adalah 'Kartu Aku' yang menawarkan berbelanja hemat serta promosi-promosi spesial yang menjadi kelebihan dalam kartu tersebut, lalu ada kartu 'A Card Flazz' BCA yang bisa memudahkan para member bertransaksi tidak hanya di alfamart saja, melainkan di seluruh merchant yang tersedia. Dan yang terakhir ada 'Kartu Aku BNI' yang juga bisa dijadikan bentuk pembayaran ketika berbelanja di Alfamart serta menawarkan promo-promo khusus untuk pengguna kartu ini.

Semakin banyak yang mereka tawarkan pada tiap periodenya, dan semakin banyak pula masyarakat yang mulai ketergantungan akan kehadiran Alfamart dewasa ini. Pelayanan 24 jam non-stop, kelengkapan barang-barangnya, banyaknya cabang yang dibuka pada tiap kotanya serta keramahan tiap individunya akan semakin membuat kita merasa beruntung menjadi member sekaligus pengunjung setia Alfamart.


Post a Comment

Facebook

Twitter

item